13 Juni 2022

Trichoderma sebagai Pupuk Biologis dan Biofungsida

Penulis: I Nyoman Tika Genus Trichoderma pertama kali dideskripsikan pada tahun 1794 dan menunjukkan hubungan dengan keadaan seksual Hypocrea. Sementara […]
1 April 2022

Pembukaan Proposal Matching Fund 2022 Periode ke 2

Proses penerimaan Proposal Matching Fund 2022 dapat unggah melalui platform Kedaireka (kedaireka.id) periode ke 2 dilaksanakan mulai 1 April hingga […]
18 Agustus 2021

Tim Undiksha Raih Prestasi Internasional lewat “Eco-Paving Block”

Tim Undiksha yang terdiri atas Gede Gery Apriliana Putra dari Prodi Kimia, I Putu Raka Nata dari Prodi Pendidikan Fisika, […]
18 Agustus 2021

Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022

Merujuk pada Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, […]
16 Agustus 2021

Lomba Esai Mahasiswa Tingkat Nasional

Mahasiswa Jurusan Kimia mengadakan pembukaan Lomba Esai Mahasiswa Tingkat Nasional. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan […]

Lomba Esai Mahasiswa Tingkat Nasional

Singaraja (16-08-2021) – Mahasiswa Jurusan Kimia mengadakan pembukaan Lomba Esai Mahasiswa Tingkat Nasional. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si. Lomba esai ini merupakan program baru yang diusulkan oleh bidang 1 HMJ Kimia Undiksha. Melalui lomba esai ini, mahasiswa jurusan kimia ingin mengajak seluruh mahasiswa Indonesia ikut berperan sebagai generasi muda yang mampu mengembangkan ide atau gagasan-gagasan yang inovatif dan solatif untuk membangun pendidikan Indonesia yang berkualitas menuju Indonesia Emas Tahun 2045. Selain itu, kegiatan ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan eksistensi dari jurusan kimia dan juga Universitas Pendidikan Ganesha di kancah nasional.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan dengan diawali pembukaan pada bulan Agustus kemudian penutupan kegiatan pada bulan Oktober dengan mekanisme pelaksanaan secara daring. Dalam kegiatan ini panitia mengusung tema yaitu “Peran Generasi Muda sebagai Penerus Harapan Bangsa melalui Karya yang Kreatif dan Inovatif guna Mewujudkan Target Indonesia Emas Tahun 2045 Pasca Pandemi COVID-19” yang bertujuan untuk menggali ide-ide kreatif dari mahasiswa seluruh Indonesia mengenai solusi yang dapat digunakan masyarakat maupun pemerintah untuk memperbaiki keadaan pasca pandemi mendatang.

Tim Undiksha Raih Prestasi Internasional lewat “Eco-Paving Block”

Singaraja (23-08-2021) – Tim Undiksha yang terdiri atas Gede Gery Apriliana Putra dari Prodi Kimia, I Putu Raka Nata dari Prodi Pendidikan Fisika, Kadek Sri Andriani dari Prodi Kimia, Komang Sarini Dewi dan Ni Putu Ayu Niya Loviyani dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mendapatkan dua award, yakni medali emas pada kategori lingkungan serta MIICA Special Award pada ajang World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientists Association (IYSA) dengan kolaborasi bersama Universitas Negeri Yogyakarta.

Karya yang berjudul “Recycling Plastic Waste Mixed with Riced Husk Ash and Natural Inorganic Pigments into Environmentally Friendly Decorative Paving Block” dibimbing oleh Dr. I Dewa Ketut Sastrawidana, M.Si. Karya inovatif ini dibuat dari limbah sampah plastik yang dipadukan dengan limbah sekam padi dan batu merah Tajun sebagai pigment anorganik alami yang tahan luntur meskipun diguyur air hujan dan terik matahari. Menurut Gery, ketua tim, keunggulan yang dimiliki eco paving block, yaitu memiliki nilai estetika dengan paduan warna merah yang tahan luntur, memiliki kuat tekan yang tinggi, daya serap air yang rendah, tidak lumutan dan tidak licin sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Mahasiswa Prodi Kimia Raih Medali Perak dalam Kompetisi “Advance Science Olympiad 2021”

Singaraja (26-07-2021) – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Mahasiswa Undiksha di tingkat Nasional. Dalam ajang Advance Science Olympyad 2021 yang diselengarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) pada 17-18 Juli, Undiksha yang diwakili oleh Rendi Aprian dari Prodi Kimia berhasil meraih medali perak di bidang kimia. Rendi berhasil menyisihkan 214 peserta yang berasal dari berbagai Universitas di Indonesia.

Menurut Rendi, masih ada beberapa materi yang belum ia pahami dan perlu ditelusuri lebih lanjut, terutama di bidang kimia. Sehingga, Rendi berharap bisa mengikuti lebih banyak lagi kompetisi dan mendapatkan juara di kompetisi lainnya.

Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Program Joint-Lecture dengan Jurusan Kimia Universitas Negeri Surabaya

Singaraja (23-11-2020) – Program pertukaran dosen antar perguruan tinggi, sebagai salah satu bentuk kerjasama antara FMIPA Universitas Negeri Surabaya dan FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha yang diwakili oleh Dr. Drs. I Wayan Suja, M.Si., Dr. Siti Maryam, M.Kes., dan Dr. I Dewa Ketut Sastrawidana, S.Si., M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) bulan, yakni 2 November sampai dengan 2 Desember 2020. Tujuan diadakannya Joint-lecture ini adalah:

  • Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan dan pembelajaran
  • Pelaksanaan kegiatan perkuliahan berbasis daring
  • Menambah wawasan dan memperkaya pengalaman belajar mahasiswa melalui perkuliahan yang dibawakan oleh dosen di luar prodi dan fakultasnya.
  • Mendapatkan kesempatan dan fasilitas sebagai pengajar yang sesuai dengan bidangnya dalam melaksanakan perkuliahan berbasis daring atas dasar kerjasama antara FMIPA Undiksha dan FMIPA Unesa.

Seminar Nasional Jurusan Kimia “Chemistry Research for Separation Sciences”

Singaraja (24-04-2019) – Seminar Nasional Jurusan Kimia telah dilaksanakan pada Kamis, 25 April 2019 bertempat di Kampus Undiksha. Seminar ini mengundang pembicara, Prof. David Young dari Australia. Beliau adalah seorang ahli kimia dengan minat pada bahan baru dan telah dianugerahi dua medali penelitian nasional oleh Royal Australian Chemical Institute. Profesor Young memperoleh gelar PhD dari University of Queensland.